Kau kah itu, Namira?

August 05, 2017

Bagi kalian yang tinggal di daerah Jawa Timur, mungkin udah nggak asing lagi dengan Masjid Namira yang berada di daerah Tikung, Lamongan. One day, salah satu sahabatku ngajakin bertandang ke sana, dan bisa dibilang itu planning dadakan. Awalnya sih, aku agak ragu pas mau izin ke ibu. Secara, jarak Gresik-Lamongan tergolong cukup jauh kalo diukur dari sudut pandangku. Apalagi medannya yang super lebar dan didominasi oleh truk gede-gede ditambah bus-bus arah Jakarta yang kecepatannya, beuh, ibarat jet darat kali ya!

Akhirnya, Jum'at sekitar jam sebelas, agak sedikit molor dari jadwal yang udah disepakati, jam sepuluh. Aku dan ketiga teman berangkat dengan dua motor. Bismillah berangkat dengan udara yang cukup hot potato-potato.
***
Setelah beberapa kilo melewati tugu atau gapura perbatasan Gresik-Lamongan, salah satu temenku yang jadi pengendara memutuskan untuk nyari Indomaret buat sekedar istirahat, ngopi dan ngaso. "Ngantuk!", katanya. Iya pelajaran juga buat kita para pengendara sih, kalo emang dirasa ngantuk saat berkendara ya sebaiknya segera cari rest area terdekat. Setelah dirasa cukup, kita ngelanjutin perjalanan. Dengan bermodalkan GPS-yang-kadang-macet, akhirnya pas ada pertigaan, aku langsung nginstruksiin temenku buat langsung belok kiri aja.

Nyari alamat via GPS kalo nggak pake nyasar itu belum afdhol. Setelah muter alun-alun Lamongan, akhirnya kita putusin buat tanya mbak-mbak pramuniaga yang jaga di salah satu toko. Tetep aja, kita nggak nyambung sama arahan dari mbaknya. Hmmm.

Akhirnya, kita nyalain GPS lagi, dan setelah beberapa menit, dengan pemandangan yang penuh "hehijauan". Bahagia rasanya, ketika salah satu menara Masjid Namira udah bisa diliat dari kejauhan-menandakan bahwa lokasi yang dicari udah dekat. Dan benar, Masjid Namira yang merupakan masjid milik perorangan itu, rame pengunjung saat kita udah sampai sana. Kebetulan habis Jum'atan juga sih.

Menara Masjid Namira
***
sisi samping masjid
Ada yang bilang, arsitekturnya sekilas mirip hotel, megah banget. Kagum dah sama pemiliknya, salut! Katanya sih, beliau pengusaha emas terbesar di Lamongan, dan memutuskan buat bangun masjid di lahan berhektar-hektar dengan nuansa Arab, bisa jadi obat rindu bagi mereka yang rindu Haromain dan bagi yang belum pernah kesana, biar bisa ngicipin dikit rasanya di dua kota suci dambaan tiap muslim itu.

Ruang utama yaitu ruang shalat yang masya Allah, bikin betah. Karpetnya empuk banget ditambah wewangian khas Arab. Di depan tempat imam, ada kiswah yang kabarnya memang diimpor dari Arab sana. Bener-bener jempol empat buat bapak pemilik masjid ini. Di samping masjid, ada dua sisi kolam ikan yang menambah daya tarik buat anak-anak yang berkunjung ke sana. Tempat wudhu dan kamar mandinya pun sangat memadai.

Satu hal yang mungkin agak beda dari masjid lainnya adalah, di beberapa titik Masjid Namira ini tersedia kulkas atau pendingin yang berisi minum kemasan gelas. Semua jama'ah boleh ngambil sepuasnya, dan gratis. Ada pengumuman juga bahwa mereka yang ikut jama'ah shubuh di masjid tersebut, bakal dapet sarapan gratis. Konsep yang diusung pun, "saldo infaq setiap harinya harus kembali nol, sehingga uang jama'ah akan segera kembali ke kemakmuran jama'ah." Ah, Namira.






kiswah di sudut depan imam

tulisan NAMIRA dengan aksen rerumputan

***
Setelah shalat dan puas berfoto-foto, akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Tapi karena perut yang udah setengah hari nggak keisi. Maka, postingan kali ini ditutup dengan menu nasi boran yang bisa ditemukan di pinggir jalan deket alun-alun Lamongan.

Untuk mengobati rasa penasaran kalian mengenai Masjid Namira, jomlah mampir ke Lamongan! Nggak bakal nyesel dan kalian bakal betah berlama-lama di masjid. Hehe.


Nasi Boran harga Rp 12.00/porsi

Have fun! 
XoXo

You Might Also Like

0 komentar