2016 stuffs

August 08, 2017

Setelah sedikit bernostalgia, akhirnya aku dapet sebuah inspirasi buat ngepost. Mungkin konten dari postingan kali ini agak sedikit usang, tapi sayang banget kalo idenya dibiarin meluap gitu aja. Nggak ada maksud apa-apa. Cuma pengen nulis sesuatu yang mungkin suatu saat nanti kalo aku rindu momennya, bisa aku baca-baca lagi.

Sekarang udah masuk sepertiga pertama bulan Agustus 2017. Nah, nggak ada salahnya kan, kalau aku mau ngulas sedikit tentang tahun 2016ku. Tahun yang menjadi tahap awal, tahun dimana banyak keputusan dan pilihan yang harus diambil, yang bakal berdampak ke kehidupanku selanjutnya, termasuk sekarang.

Setelah mempercayai The Power of Nulis Mimpi di note atau kertas atau dimana pun yang penting bisa dibaca. Oktober 2015 (di bagian atas kertas, ada waktu penulisan mimpi-mimpi itu), aku iseng nulis beberapa resolusi buat tahun 2016 nanti. Padahal masih Oktober hehe. Nah, karena itu tergolong iseng, jadilah aku nulis sesuatu yang mungkin kalau ada orang baca, bakal bilang, "mimpi kali you!". Tapi biarlah, bismillah aja, siapa tahu banyak yang bakal aku coret sebab udah kewujud.

Awal tahun 2017, aku mulai bikin personal journal. Ini juga karena aku pengen apa yang aku lakukan di tahun 2017 menjadi lebih tertata. Salah satu halaman yang ada di sana adalah evaluasi tahun 2016 dan sekilas apa yang udah aku alamin di tahun itu. Meskipun nggak semuanya aku coret atau centang, tapi ada beberapa poin yang udah achieved. Bismillah...

Awal merintis karir (olshop)
Salah satu hal yang pengen banget aku capai adalah punya olshop sendiri. Dari tahun 2015 aku udah nyobain jualan berbagai macam produk, mulai dari case hp, tas, dari yang untungnya sepuluh ribu sampe yang malah bikin rugi. Tapi, nggak papa, aku enjoy dengan itu dan ngasih banyak pelajaran gimana rasanya nyari uang. Alhamdulillah Allah kasih jalan, di pertengahan tahun 2016, salah satu temen kuliahku punya konveksi tas yang harganya lumayan murah. Akhirnya, aku kepikiran buat jadi resellernya. Ya meski reseller kan tetep ada usaha buat dagang hehe. Alhamdulillah lagi, usaha itu berjalan beberapa bulan, bahkan sampai untungnya reach kurang lebih 800.000 (ini perkiraan akumulasi total dari awal sampai akhirnya berhenti dagang). Seiring bergantinya semester, sedihnya, dia memutuskan untuk pindah kuliah. Jadi, aku berhenti juga ngeresell jualannya. Sampai saat ini pun, aku masih explore tentang gimana caranya aku punya usaha sendiri dan mandiri secara financial! Bismillah, doakan ya.

Gabung komunitas atau organisasi Islam

Entah dulu aku mimpi apa kok berani nulis resolusi ini. Berani? Iya, dulu aku sempet parno dengan organisasi Islam, apalagi yang ada di lingkungan kampus. Dengan sudut pandang yang seperti itu, ditambah ilmu agama juga nggak tinggi-tinggi amat. Padahal aku nulis itu juga cuma jadi nomor kesekian, artinya aku nggak pengen-pengen banget join organisasi-organisasi Islam. Tapi Allah emang baik banget, semuanya berjalan ngalir gitu, awal 2016 aku iseng merubah sedikit cara berpakaianku dari awal kuliah dulu, beuh, nggak karu-karuan. Sampai akhirnya, Alhamdulillah, nemu urgensinya pakai pakaian syar'i dan memang lebih nyaman. Kalo ada yang mau tahu ceritanya lebih lanjut, Insya Allah bakal aku post.

Back to topic, jadi setelah serangkaian proses itu. Alhamdulillah Allah ngasih nikmat dengan dikumpulkannya aku dengan orang-orang yang Insya Allah bakal ngedukung proses belajarku itu. Beberapa komunitas dan organisasi itu adalah ODALF, SKI FIB (tahap awal ikut pelatihan dakwah kampus), KMNU UNAIR, dan Jama'ah Al-Khidmah UNAIR. Sempet nyesel, kenapa nggak dari dulu gabung dengan mereka yang sempat aku pandang sebelah mata.


Ngunjungin UGM dan UNY

Salah satu list yang aku tulis adalah berkunjung ke beberapa universitas di Indonesia. Aku sih nulisnya UGM, UB,dan UI. Mungkin bagi sebagian orang, poin ini sedikit receh. Tapi, bagiku yang notabene anak rumahan, berkunjung ke tempat baru, itu sebuah hal yang berharga. Lebih-lebih ke luar kota atau provinsi. Jadi, sekitar bulan November 2016, BEM fakultas ngadain studi banding ke UGM dan UNY. Nah kan! Padahal mintanya UGM, tapi sama Allah dibonusin UNY.

Gabung banjari fakultas

Dulu saat SMA, aku lumayan aktif di ekskul banjari. Jadilah, aku nulis poin ini, meski dulu kondisinya aku nggak tau sama sekali bakal dimanakah aku bisa nemuin banjari lagi. Semacam rindu yang Alhamdulillahnya segera terobati. Pas lagi asik chatting di LINE, tiba-tiba ada salah seorang teman yang ngeshare info bahwa SKI lagi ngadakan oprec anggota baru buat banjari, dan akhirnya aku beranikan diri buat gabung. Kan Alhamdulillah bisa ketemu orang-orang baru.

Nah, itu adalah beberapa poin dari sekian nomor yang aku tulis di selembar kertas resolusi. Meski masih banyak banget yang belum kesampaian, tapi setidaknya seneng banget rasanya ketika apa yang pernah kita pengenin bisa kewujud. Intinya, di tahun 2016 banyak ngasih pelajaran, bahkan ada yang sampai bikin galau tingkat dewa selama berbulan-bulan. Tapi, Alhamdulillah the show must go on! Di tahun ini banyak ketemu orang-orang baru, yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk memperkaya sudut pandang. Alhamdulillah, kudu banyak-banyak bersyukur! 


Intinya setiap kita punya kesempatan buat minta apa aja ke Yang Punya Dunia. Gapai itu dengan cara-caranya Allah. Ketika kita mimpiin punya ini itu atau pengen ini itu, dan suatu saat dikabulkan oleh Allah, rasanya bakal aduhai luar biasa bersyukurnya. Daripada saat kita dapet apa yang kita nggak pernah bayangin. Meskipun, pasti ada rasa senengnya, tapi, sedikit kurang greget! 



Tahun 2014, nggak kepikiran bisa ikutan summer camp di Thailand. Ada rasa seneng, tapi kurang greget. Di sana pun sedikit bingung mau explore apa, palingan cuma menuhin memori dengan seabrek foto tanpa tahu detail-detail hal baru yang mungkin bisa dijadikan pelajaran.
Masih banyak target yang sampai saat ini belum aku capai. Kudu gencer usaha dan doanya, kudu lebih banyak waktu buat berdua sama Yang Punya Dunia, kudu sering konsultasi sama Dia. Bismillah, yuk bikin target sama-sama. Kabari aku jika kalian sudah dapetin apa yang jadi target kalian saat ini. Doakan aku juga supaya bisa mencapai semua impianku. Bisa bermanfaat buat orang lain dan lingkungan. Selamat beresolusi dan bermimpi!


-Dream, Pray, and Action!-
Quote by Wirda Mansur

You Might Also Like

0 komentar