Allah Knows Best

September 05, 2017

Memasuki minggu keempat di semester lima and I just realized that, nggak ada mata kuliah yang bisa diremehkan. Intinya, semua harus dicapai dengan hardworking, sebagai wujud ikhtiar kita. Ngomong-ngomong ikhtiar, aku jadi inget bahwa sebenarnya tulisan ini akan membahas salah satu kebaikan yang Allah kasih, setelah aku tryin so hard to achieve something.

Jadi ceritanya, sebelum masuk ke liburan akhir semester empat, aku sempat browsing dan nyari-nyari informasi buat kerja sambilan. Karena aku sempat mikir, lumayan kalo liburan satu bulan dimanfaatkan buat kerja. Akhirnya iseng stalking ig salah satu loker di Gresik. Nah di sana Alhamdulillah Allah langsung kasih informasi itu, dan directly aku langsung ngontact bapak CPnya. Nggak lupa, aku laporan ke mamake, minta ijin. Bismillah.

Eh ternyata, setelah dapet balasan dari bapak ownernya, beliau bilang kalo hari itu adalah hari terakhir pendaftaran dan penyerahan berkasnya harus di kantor, which is di Gresik. Aku yang saat itu sedang berjuang mati-matian buat UAS -hehe lebay banget- langsung nanyain ke beliau, minta keringanan biar aku bisa kirim filenya online gitu, via email. Dan Alhamdulillah lagi, Allah mudahkan jalannya. Dua step berjalan mulus.

Karena hari itu masih ada UAS, dan setelah UAS aku ada acara sama temen-temen kampus. Kebetulan acara itu sampe malem banget. Hingga akhirnya aku lupa, kalau harus bikin surat lamaran. Daaan, aku baru pulang ke kosan sekitar jam setengah sembilan. Akhirnya, di kosan langsung ngebut bikin surat lamaran dan berkas pendukung lainnya. Jam sepuluh keluar nyari warnet yang masih 'hidup'. Alhamdulillah, ada. Tapi, entah kenapa ketika aku di jalan, sempet ada pikiran, "gini-gini nggak lolos lagi!", tapi suara hati yang lain bilang, "yaudahlah gapapa kalo emang belum rejekinya." Akhirnya malem, sekitar jam sebelas, aku baru kirim semua file itu ke emailnya, dan langsung konfirmasi ke bapaknya. Satu hal yang nggak patut dicontoh, ini ngelamar kerja nggak tau etika, jam sebelas malem masih berani ngontact bapaknya. Hihihi. Nah setelah berkutat dengan that hardworking, si bapaknya bilang kalau via online, terakhir pengumpulannya boleh esok harinya jam dua belas siang. And I was like... I have tried so hard to finish those all documents, but actually that day was not the last chance. Hhh. It's okay!

Beberapa hari setelahnya aku dapet sms bahwa akan ada test awal yaitu writing dan microteaching. Alhamdulillah, tahap berkas lolos. Malam itu juga, aku langsung ngebut dan mikir keras bikin materi buat praktek ngajarnya karena tesnya itu keesokan harinya! Yaudah akhirnya belajar, ngafalin materi, sambil nerangin pake PPT. Jeng...jeng...waktu tes tiba, untungnya tempat tesnya deket dari rumah. Sekitar tujuh menitan udah sampe di lokasi.

Di lokasi, ternyata nggak seperti apa kubayangin. Tempatnya sangat friendly dan nyantai banget. Dan owner yang sempat kupanggil pak itu ternyata masih 'mas-mas', mungkin selisih tiga atau empat tahun denganku. Alhamdulillah, nggak terlalu tegang jadinya. Dan apa yang membuatku surprised ternyata, ownernya itu kakaknya temen SMAku. Pengen ketawa sejadi-jadinya. How come kebetulan-kebetulan ini terjadi gitu wkwk.

Akhirnya serangkaian tes itu kujalani. Entah masalah hasil, belakangan. Dan aku diinfokan kalo bakal ada tes selanjutnya, yaitu tes interview. Beberapa hari kemudian, aku dateng lagi kesana buat tes interview. Dan masnya pun, sangat berusaha ngebuat si calon tentornya nggak gerogi. Termasuk aku. Interview pun disampaikan dalam atmosfer yang santai. Tapi ya yang namanya tes, pasti ada perasaan tegang. Akhirnya, aku yang basically, belum ada pengalaman ngajar, ngejawab pertanyaan-pertanyaan studi kasus dengan semampuku.

Sambil nunggu pengumuman, ada rasa optimis kalo bakal lolos nih. Secara, aku kenal dengan adik si ownernya dan nyambung kalo diajak ngobrol. Eh tapi, ternyata Allah berkata lain. Aku yang masih semester lima, dan harus ngekos, yang notabenenya nggak mungkin bisa ngajar di hari efektif. Mungkin menjadi salah satu pertimbangan kenapa akhirnya lamaranku ditolak. Di sms dijelasin bahwa beliau emang lagi nyari tentor tetap. Tapi, yasudahlah nggak papa. Sambil ngeyakinin diri, bahwa Allah knows best. Pasti ada hikmah di balik ini gitu lo. Hari itu masih masuk ke minggu pertama libur semester, yang akhirnya ngebuat aku mikir, bakal ngapain ya aku di satu bulan holiday ini.

***

Dua minggu berlalu, which means, ada sisa dua minggu buat nikmatin masa-masa liburan. Eh di satu hari, pas aku tidur siang, tiba-tiba adikku ngebangunin aku karena salah satu sahabatku, Ririn nelfon. Dia bilang,

"Yum, mau nggak ntar malem ngelesin di deket rumahku?".

Aku yang bangun tidur, ngedenger dia bilang gitu, langsung bingung, nggak tau mau ngomong apa sampe-sampe telfonnya langsung aku matiin. Aku nanya ke mamake, minta pendapat. Kata ibuk, coba aja. Akhirnya aku nyoba nge'iya'in tawaran itu. Setelah maghrib, aku langsung ke lokasi ditemenin Ririn. Tanpa tahu, aku harus ngelesi di tempat seperti apa, aku langsung deal dengan tawarannya. Yang ada di pikiranku, aku bakal ngajar privat di rumah orang itu. Eh ternyata, dia nganter aku ke suatu LBB dan ditawarin ngajar disana, tanpa tes, see? Allah Maha Baik.


source: unsplach.com (@rawpixel)

Setelah ketemu dengan ibu ownernya, aku ngejelasin, kalau aku cuma bisa ngajar di hari efektif selama dua minggu liburan ini. Dan ibunya was very welcome dan bilang, "nggak papa, Mbak." Alhamdulillah, kudu sering-sering bersyukur nih! Nah beberapa hari setelah hari pertama ngajar, ibunya telfon aku dan nawarin, kalau Sabtu atau Minggu bakal sering di rumah Gresik apa nggak karena ada yang mau les privat. Dan aku cuma bisa diem, kaget, terharu. Ini loh ternyata planning yang Allah simpen buat aku. Awalnya hal yang jadi problem buat aku diterima di LBB sebelumnya, ternyata malah jadi jalan di planning yang udah Allah susun. Alhamdulillah, ngajar privat di sana pun sudah berjalan sampe sekarang. Satu hal yang membahagiakan bagi tutor adalah ketika murid kita welcome dan ngerasa nyaman dengan kita.

Allah itu baik, Maha Baik. Maka, aku selalu belajar meyakinkan diri bahwa, setiap apapun hasil kerja kerasku, itu pasti apa yang terbaik menurut-Nya. Even it isn't satisfying. Yet still, Allah will save the best for the last.

You Might Also Like

0 komentar