Is Writing Important?

March 24, 2017


My Personal Journal

Pernah nggak kalian merasakan kepingin banget menulis sesuatu yang bermanfaat? Menulis apapun itu! Aku juga sering banget merasakan hal tersebut. Dulu, aku pernah bikin program one week one work (tulisan) bersama temenku, jadi setiap hari Sabtu aku akan force diriku untuk menghasilkan satu tulisan. Awalnya memang semangat banget, meskipun kadang stuck di tengah-tengah. Akhirnya? program itu cuma jalan beberapa minggu aja. Selanjutnya? Buntu. Jadi, aku sering banget dapet topik. Eh pas mau ngaplikasiin ke bentuk tulisan, seringkali aku berhenti di satu titik, dan bahkan kadang aku ngerasa ilfeel ketika baca tulisanku sendiri. What a poor me!

Aku pun sering nyari-nyari inspirasi ke orang lain, yang menurutku punya potensi untuk menginfluence pembacanya melalui tulisan mereka. Karena memang menurutku menulis itu sangat penting, dan ketika kita sudah punya kemampuan itu (at least, menulis pengalaman pribadi) itu bakal menjadi sebuah bekal untuk menghasilkan tulisan yang lebih beresensi. Nggak semua orang mau belajar untuk itu, dan mau menerapkannya. Hal tersebut yang menjadi keresahanku selama ini, aku menuntut diriku untuk bisa memainkan barisan kata menjadi sebuah pesan penuh makna. Seringkali aku login blogspot dan buka menu entri, eh pas udah disuguhkan dengan layar kosong, malah stuck, nggak ada ide, buntu. Rasanya nyesek banget, bayangin ketika melihat orang-orang di sekitar kita bisa dengan mudahnya menulis apa yang ada di pikiran mereka dan mereka bisa dengan bebas mengekspresikan pikirannya melalui tulisan. Sedang aku? hanya berkutik pada keyboard yang tak kunjung aku pencet. It literally hurts me.

Jadi, di sini bakal jadi saksi bagaimana proses belajar menulisku. Semoga seiring berjalannya waktu, aku bisa menebarkan manfaat melalui tulisan yang aku post nanti. BISMILLAH.

Jum'at malam.
Di sebuah kamar kos.
Penuh keresahan.

*if you want to correct or give me suggestions, please kindly comment on this box bellow or you may send e-mail to me. (check my ABOUT menu).

You Might Also Like

2 komentar

  1. Menulis adalah ekspresi diri. Yang penting niat sdh baik dan memiliki tujuan. Terkadang yang membuat kita stuck atau berhentinya menulis krn niat kita salah, niat nulis hanya utk di apresiasi. Padahal tujuan menulis harusnya memberikan informasi sebaik-baiknya. Entah dri kabar pribadi maupun dri luar. Entah bentuknya ilmiah maupun yg biasa saja (non ilmiah). Niat yg salah ini mempengaruhi PRODUKTIVITAS kita. Krn niat salah, bisa nggk PD. Krn acuan kita dan orientasi kita salah. Shg banyak hal yg mempengaruhi diri kita utk stuck menulis. Yang pada intinya nnti dapat dibaca kita tdk 'PD'dg karya kita sendiri. Utk selanjutnya baca tulisan kami mengenai motivasi menulis ��
    Kami juga sdg blajar.
    Saling memotivasi dan menginspirasi.
    Salam literasi ��
    Salam Kolaborasi ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak, Pak atas saran dan masukannya. Insya Allah sangat memotivasi untuk tetap berkarya. Doakan saya yang masih awam ini. Hehehe. Salam kolaborasi.

      Delete