Cara Memperpanjang Paspor (Surabaya)

March 25, 2019

Assalamu'alaikum, sudah lama rasanya saya nggak update di blog and the end of March is already right at the corner. 



Kali ini postingan saya agaknya sedikit berbeda. Berbekal dari pengalaman pribadi sewaktu memperpanjang paspor di awal Bulan Maret lalu. Long story short, setelah browsing dan mempertimbangkan berbagai hal. Akhirnya, saya memutuskan untuk datang langsung ke konter imigrasi yang ada di Graha Pena. Yes. Come. Without any registration through application before. Karena memang informasi dari beberapa website menyatakan bahwa masih bisa daftar manual dengan langsung ke lokasi.

Pagi itu, kurang lebih jam 6 kurang. Saya sudah sampai di kantor imigrasi Graha Pena. Saya berangkat pagi-pagi sekali karena menghindari antrean yang panjang seperti it was used to be. Tapi, kenyataannya, saat itu nggak ada orang sama sekali dan saya tetap menunggu. Sampai akhirnya, ada salah seorang bapak OB yang ngasih tau saya kalau sekarang imigrasi hanya menerima pendaftaran via online. And I was like.... Oke, berarti kudu balik lagi beberapa hari lagi. Eh, seminggu lagi ding, karena antrean dan kuota sudah penuh. Then, without any further do. Saya akan langsung menjelaskan bagaimana proses memperpanjang paspor di Surabaya, yang sebenarnya prosesnya sangat cepat dan gampang banget.

Here it is:
1. Download aplikasi Layanan Paspor Online

Download aplikasi ini dan registrasi sesuai dengan data pribadi kalian. Jangan lupa persiapkan KK atau setidaknya nomor NIK dan nomor KK ketika registrasi di aplikasi. Setelah itu akan ada panduan-panduannya. Ikuti saja petunjuknya sesuai dengan arahan aplikasi.

2. Pilih kantor imigrasi yang ingin dituju
Di Surabaya, kurang lebih ada sekitar 5 kantor imigrasi. Setelah itu akan ada jadwal wawancara dan foto yang bisa dipilih. Setelah itu, jangan lupa screenshot untuk menyimpan kode booking atau kalian juga bisa download booking codenya.

3. Datang ke kantor imigrasi
Perhatikan jadwal wawancara dan foto serta pastikan kalian datang ke kanim 30 menit sebelum jadwal. Karena kode booking bisa saja hangus. Kita juga baru bisa daftar lagi setelah 30 hari pendaftaran pertama. So, pay attention.

Setelah datang ke imigrasi, silahkan antre untuk menunggu giliran. Kalian akan mendapatkan form yang harus diisi berkaitan dengan perpanjangan paspor. Setelah itu, tinggal menunggu giliran untuk wawancara dan foto.

4. Melakukan Pembayaran
Setelah sesi wawancara dan foto, kalian akan mendapatkan invoice untuk pembayaran. Nah, waktu itu, kebetulan saya di Graha Pena jadi sehabis dari imigrasi saya, langsung melakukan pembayaran di Bank BNI setempat. Paspor dapat diambil 3 hari kerja setelah pembayaran.

5. Selesai
Untuk mengambil paspor baru, jangan lupa membawa bukti pembayarannya.

Berkas yang harus disiapkan:
Berkas untuk perpanjangan paspor lebih sedikit dibanding pembuatan paspor baru. Di antaranya adalah
a. Paspor lama asli
b. Fotokopi lembar identitas dan lembar terakhir paspor (harus di kerta A4)
c. Fotokopi KTP (harus di kertas A4) plus KTP asli
d. Fotokopi KK (harus di kertas A4) plus KK asli
Pastikan KK kalian sudah ada tanda tangan kepala keluarga
e. Fotokopi KTM (harus di kertas A4) plus KTM asli
*opsional
f. 1 lembar materai 6000
g. Bolpoin hitam
Di imigrasi tidak disediakan bolpoin.

Nah, kurang lebih seperti itu cara memperpanjang paspor, khususnya di wilayah Surabaya. You may do research to other websites. Sebenarnya, ngurusnya simple dan gampang banget kok. Hanya saja, menurut saya kurang sosialisasi ke kalangan umum.

Good luck!

You Might Also Like

0 komentar